Meski baru berdiri pada tahun 2004, The University of Manchester berhasil rtp live menambah panjang daftar perguruan tinggi berkualitas di Inggris. Kampus peringkat delapan se-Eropa ini berlokasi di selatan pusat Kota Manchester. The University of Manchester merupakan gabungan dari dua kampus lama yang tersohor di Inggris, yaitu Institut Sains dan Teknologi Manchester dan Universitas Victoria.

University of Manchester dianggap sebagai universitas bata merah, produk dari gerakan universitas sipil pada akhir abad ke-19. Universitas Manchester saat ini dibentuk pada tahun 2004 setelah penggabungan Institut Sains dan Teknologi Universitas Manchester (UMIST) dan Universitas Victoria Manchester. Ini mengikuti satu abad dari dua lembaga yang bekerja erat satu sama lain.

Institut Sains dan Teknologi Universitas Manchester didirikan pada tahun 1824 sebagai Institut Mekanika. Para pendiri percaya bahwa semua profesi agak bergantung pada prinsip-prinsip ilmiah. Dengan demikian, institut ini mengajarkan individu-individu yang bekerja cabang-cabang ilmu yang berlaku untuk pekerjaan mereka yang ada.

Mereka percaya bahwa penerapan praktis ilmu pengetahuan akan mendorong inovasi dan kemajuan dalam perdagangan dan profesi tersebut. Victoria University of Manchester didirikan pada tahun 1851, sebagai Owens College. Penelitian akademis yang dilakukan oleh universitas akan dipublikasikan melalui Manchester University Press dari tahun 1904.

University of Manchester adalah anggota Grup Russell, Grup N8, dan Asosiasi Riset Universitas di seluruh dunia. University of Manchester, termasuk institusi pendahulunya, telah memiliki 25 penerima Nobel di antara mahasiswa dan stafnya dulu dan sekarang, jumlah tertinggi keempat dari universitas mana pun di Inggris.

Pada 2020/21, universitas memiliki pendapatan server thailand gabungan sebesar ¬£1,1 miliar, di mana ¬£237,0 juta berasal dari hibah penelitian dan kontrak (peringkat 6 secara nasional di belakang Oxford, University College London (UCL), Cambridge, Imperial, dan Edinburgh). Ini memiliki sumbangan terbesar kelima dari universitas mana pun di Inggris, setelah universitas Cambridge, Oxford, Edinburgh, dan King’s College London.

Fakultas

Accounting, Economics and Finance
Arts
Business and Management
Computing and Information Systems
Engineering
Sciences
Social Sciences & Humanities
English Language Courses